Bias Kognitif Umum yang Membuat Anda Kehilangan Uang Berjudi

  1. Kekeliruan Penjudi
    Nama lain untuk “The Gambler’s Fallacy” termasuk “Positive Recency Bias,” “The Monte Carlo Fallacy,” dan “The Fallacy of Maturity of Chances.” Tidak peduli apa nama yang Anda gunakan untuk itu, fenomenanya adalah keyakinan bahwa hasil sebelumnya mempengaruhi kemungkinan hasil di masa depan, terutama ketika mereka berhubungan dengan peristiwa baru-baru ini.

Lagi pula, jika sesuatu terjadi lebih sering daripada yang diperkirakan oleh probabilitas, tampaknya hal-hal akan merata pada peristiwa berikutnya.

Terkadang keyakinan yang berlawanan terjadi. Orang-orang berpikir bahwa sesuatu yang terjadi lebih sering akan terus terjadi lebih sering untuk sementara waktu.

Namun pada kenyataannya, jika ada sesuatu yang acak dan terdiri dari peristiwa independen, kemungkinan peristiwa di masa depan tidak terpengaruh oleh peristiwa sebelumnya.

Ini terdengar lebih rumit dari itu. Mari saya ilustrasikan dengan contoh atau 2:

Contoh pertama mudah dipahami. Anda mengikuti kontes lempar koin dengan seorang teman. Dia memenangkan koin setiap kali mendarat di kepala, tetapi Anda memenangkan koin jika mendarat di ekor.

  1. Bias Rasio
    Ini menggambarkan kecenderungan untuk menyukai sampel besar daripada sampel kecil bahkan ketika probabilitasnya lebih baik dengan sampel kecil. Ini terlihat seperti bias yang cukup konyol bagi seseorang yang bisa melakukan matematika, tetapi itu umum di kalangan penjudi.

Kebanyakan orang tidak tahu bagaimana menghitung probabilitas untuk memulai, meskipun itu adalah konsep yang sederhana. Probabilitas hanyalah angka antara 0 dan 1 yang menggambarkan seberapa besar kemungkinan sesuatu terjadi. Suatu peristiwa dengan probabilitas 0 tidak akan pernah terjadi. Suatu peristiwa dengan probabilitas 100% akan selalu terjadi.

Misalnya, jika Anda melempar koin, peluang mendapatkan hasil 6 adalah 0%. Hanya 2 hasil yang kepala adalah ekor. Karena mereka memiliki kemungkinan yang sama, kemungkinan mendapatkan kepala adalah 50%. Probabilitas mendapatkan ekor juga 50%. Probabilitas mendapatkan salah satu kepala ATAU ekor adalah 100%. Salah satu dari 2 hasil itu akan selalu terjadi.